Welcome To My New Blog'R

Jumat, 03 Juli 2020

Standar operasional manajemen IT Untuk user atau operator aplikasi

SOP operator IT adalah operator yang bertanggung jawab dalam semua peralatan yang ada dalam sistem komputerisasi it. Selain itu juga bisa menonfungsikan peralatan bila tidak dipergunakan, mencatat tentang pelaksanaan jadwal kegiatan penggunaan komputer, bertanggung jawab penuh atas kebersihan lingkungan kerja dan membantu permasalahan menyelesaikan yang ada pada sistem komputerisasi IT.
Prosedur dengan mempelajari pedoman kerja dan melaksanakan tugas yang diberikan, menyiapkan sarana prasarana yang diperlukan, melaporkan pada bagian helpdesk bila perangkat yang dipakainya bermasalah, menjaga dan merawat semua barang komputerisasI IT.

Syarat dan sertifikasi operator
Untuk sekedar menjadi staff komputer yang bertugas untuk mengoperasikan komputer tidak diperlukan sertifikasi, namun lebih membutuhkan pelatihan (saat kami menyusun tugas banyak di Google ditawarkan macam – macam pelatihan bagi staff operator komputer). Tapi untuk sertifiikasi staff komputer sendiri juga ada. Salah satu lembaga yang menawarkan sertifikasi untuk staff komputer itu adalah LSP Telematika. Syarat, ketentuan, jenis sertifikasi ada di dalam link yang kami berikan dibawah. Namun ada pula , Sertifikasi Oracle, berkaitan dengan tugas data entry operator .

Organisasi profesi dan kode etik operator
Untuk organisasi profesi khusus operator komputer di Indonesia sendiri masih belum ada. Untuk kode etik sendiri juga masih berdasar standar kompetensi operator yang dikeluarkan oleh Batlibang Kominfo.

Kode Etik Umum
1. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer.
2. Sopan terhadap pelanggan, ingat pepatah “pembeli adalah raja”. Palanggan juga pembeli, jadi pelayanan harus nomor 1. Jangan sampai pelanggan kabur hanya gara-gara operatornya tidak ramah, jadi untuk para operator  harus menjaga kesopanan dan berusahalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan begini pelanggan akan lebih royal.
3. Harus Ontime, disiplin.
4. Izin tidak masuk, kalau ingin izin harus memberi tahu ,surat menyusul tidak masalah.
5. Profesionalisme bagian kerja, job desc, tidak mencampur adukan masalah pribadi ke pekerjaan.
6. Menghormati dan menaati segala peraturan yang diatur.

Kode Etik Sebagai Data Entry Operator
1. Seorang data entry operator harus menguasai ilmu secara mendalam di bidangnya
2. Seorang data entry operator harus mampu mengkonvensi ilmu menjadi keterampilan
3. Seorang data entry operator harus menjunjung tinggi etika dan intergritas profesi
4. Seorang data entry operator harus bertanggung jawab dalm menjalankan tugas seorang data entry
5. Seorang data entry operator harus menguasai materi yang diberikan dan menyeleksi yang akan diinput

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar