Welcome To My New Blog'R

Minggu, 12 Januari 2020

4.1 Share Service dalam dunia bisnis


Shared Services adalah konsolidasi operasi bisnis yang digunakan oleh banyak bagian dari organisasi yang sama.

Shared Sevices lebih hemat biaya karena memusatkan operasi back-office yang digunakan oleh banyak divisi dari perusahaan yang sama dan menghilangkan redundansi. Beberapa perusahaan menggunakan sistem tolak bayar untuk menagih divisi yang menggunakan layanan berdasarkan per-penggunaan, per-kuartal atau per-tahun. Perusahaan lain menyerap biaya Shared Services sebagai bagian dari biaya berkelanjutan untuk menjalankan bisnis. Saat ini, sebagian besar perusahaan menggunakan model layanan bersama untuk keuangan, manajemen sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI)

Tujuan dari model pemberian Shared Services adalah untuk memungkinkan setiap divisi bisnis memfokuskan sumber dayanya yang terbatas pada kegiatan yang mendukung tujuan bisnis divisi tersebut. Teknologi sering menjadi pendorong untuk layanan bersama dalam suatu organisasi karena bisa cukup mahal untuk membeli, memelihara, dan melatih karyawan untuk menggunakannya. Kembali pada tahun 1920-an, misalnya, mesin tik Underwood berharga $ 100 dan juru ketik adalah karyawan yang sangat terlatih. Alih-alih meminta setiap divisi bisnis di dalam perusahaan menyewa juru ketik sendiri, departemen terpusat untuk juru ketik dipandang lebih hemat biaya dan lahirlah kelompok pengetik. Hari ini, kolam pengetikan akan disebut pusat layanan bersama (SSC).

Sumber :
https://searchcio.techtarget.com/definition/Shared-services

Tidak ada komentar:

Posting Komentar