Shared
Services adalah konsolidasi operasi bisnis yang digunakan oleh banyak bagian dari
organisasi yang sama.
Shared
Sevices lebih hemat biaya karena memusatkan operasi back-office yang digunakan
oleh banyak divisi dari perusahaan yang sama dan menghilangkan redundansi.
Beberapa perusahaan menggunakan sistem tolak bayar untuk menagih divisi yang
menggunakan layanan berdasarkan per-penggunaan, per-kuartal atau per-tahun.
Perusahaan lain menyerap biaya Shared
Services sebagai bagian dari biaya berkelanjutan untuk menjalankan bisnis.
Saat ini, sebagian besar perusahaan menggunakan model layanan bersama untuk
keuangan, manajemen sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI)
Tujuan dari model pemberian Shared Services adalah untuk memungkinkan setiap divisi bisnis
memfokuskan sumber dayanya yang terbatas pada kegiatan yang mendukung tujuan
bisnis divisi tersebut. Teknologi sering menjadi pendorong untuk layanan
bersama dalam suatu organisasi karena bisa cukup mahal untuk membeli,
memelihara, dan melatih karyawan untuk menggunakannya. Kembali pada tahun
1920-an, misalnya, mesin tik Underwood berharga $ 100 dan juru ketik adalah
karyawan yang sangat terlatih. Alih-alih meminta setiap divisi bisnis di dalam
perusahaan menyewa juru ketik sendiri, departemen terpusat untuk juru ketik
dipandang lebih hemat biaya dan lahirlah kelompok pengetik. Hari ini, kolam
pengetikan akan disebut pusat layanan bersama (SSC).
Sumber :
https://searchcio.techtarget.com/definition/Shared-services
Tidak ada komentar:
Posting Komentar