ITIL atau Information
Technology Infrastructure Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka
Infrastruktur Teknologi Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik
pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi
(TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing
membahas suatu topik pengelolaan TI.
Nama ITIL
dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC)
Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik
TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat
disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
Walaupun
dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada
pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling
dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service
Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support
(Dukungan Layanan).
Pada 30 Juni
2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri
dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan
yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah:
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement
Kelima bagian
tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau biasa disebut sebagai core guidance
publications. Setiap buku dalam kelompok utama ini berisi :
1. Practice fundamentals
menjelaskan
latar belakang tahapan lifecycle serta kontribusinya terhadap
pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
2. Practice principles
menjelaskan
konsep-konsep kebijakan serta tata kelola tahanan lifecycle yang menjadi
acuan setiap proses terkait dalam tahapan ini.
3. Lifecycle processes and activities
menjelaskan
berbagai proses maupun aktivitas yang menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle.
Misalnya proses financial management dan demand management dalam tahapan
Service Strategy.
4. Supporting organization structures and roles
proses-proses
ITIL tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa definsi roles dan responsibilities.
Bagian ini menjelaskan semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan
struktur organisasi.
5. Technology considerations
menjelaskan
solusi-solusi otomatisasi atau software ITIL yang dapat digunakan pada tahapan
lifecycle, serta persyaratannya.
6. Practice Implementation
berisi
acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin mengimplementasikan atau yang ingin
meningkatkan proses-proses ITIL.
7. Complementary guideline
berisi acuan
model-model best practice lain selain ITIL yang dapat digunakan sebagai
referensi bagian tahapan lifecycle.
8. Examples and templates
Di samping
buku-buku dalam core guidance publications, ada juga complementary
guidance. Dimana buku-buku dalam kategori nantinya dimaksudkan untuk
memberikan model, acuan dan panduan bagi penerapan ITIL pada sektor-sektor
tertentu seperti jenis industri tertentu, tipe organisasi serta arsitektur
teknologi. Dengan demikian, ITIL akan dapat lebih diterima serta diadaptasi
sesuai dengan lingkungan serta behaviour dari setiap organisasi TI.
Siklus Layanan ITIL
Kelima bagian
ITIL yang seperti tersebut di atas biasanya disebut juga sebagai bagian dari
sebuah siklus. Dikenal pula dengan sebutan Sikuls Layanan ITIL. Secara singkat,
masing-masing bagian dijelaskan sebagai berikut.
IT Governance
Indonesia ( ITGID ) merupakan lembaga pengembangan bidang teknologi informasi,
ITGID siap membantu Perusahaan anda untuk teknik pengelolaan
infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI) dengan
mengadakan training ITIL.
Sumber
:
https://itgid.org/pengertian-itil/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar