Terdapat 2 komponen Operasional dari
I.T.I.L berikut adalah penjelasannya :
SERVICE
SUPPORT
(aktifitas
yg dilaksanakan minimal setiap hari)
Service support membahas tentang proses dan komponen
dalam operasional IT sehari-hari, seperti Incident Management, Problem
Management, Change Management, Configuration Management dan Release Management.
Pada dasarnya service support menjelaskan proses Support dari IT dan bagaimana
cara menangani suatu incident sebelum akhirnya masuk ke dalam problem
management. komponen dari proses pada IT service management mempunyai peran
masing-masing yaitu:
1.Service desksebagai single point of contact
2.Release Management dalam melakukan testing suatu
teknologi baru sebelum diimplementasi
3.Build knowledge based untuk membantu mempercepat
penyelesaian suatu incident
SERVICE
DELIVERY
(aktivitas yg dilaksanakan
minimal setahun/kuartal/bulanan)
Komponen-komponen dari Service Delivery adalah
Financial Management for IT Services, Availability Management, Capacitiy
Management, IT Service Continuity Management, Service Level Management. Service
Delivery ini merupakan tactical proses artinya untuk mendukung bisnis dari sisi
IT Service Management dalam jangka panjang bukan untuk operasional yang
dilakukan setiap hari. Contohnya dalam bagian IT Service Continuity Management,
misalnya dilakukannya service level agreement (SLA), melakukan Risk Management
berfungsi untuk mengetahui dan dapat mengidentifikasi bentuk resiko, menentukan
tingkat resiko yang akan terjadi, untuk mengetahui asset mana saja yang
mempunyai resiko, dan sebagainya. ITIL memberikan dasar dan konsep IT sebagai
bagian dari service ke customer atau user, bagaimana proses yang baik antara
satu entity dengan entity lainnya. ITIL meliputi service support, service
delivery, rencana pengembangan service management, ICT infrastructure
management, application management, business perspective, security management,
dan software asset management. Service support dan service delivery merupakan
area utama, yang disebut juga IT Service Management (ITSM). Secara
bersama-sama, dua area ini mengandung beberapa disiplin yang bertanggung jawab
untuk penentuan dan manajemen pelayanan Teknologi Informasi (TI) yang efektif.
Sumber :
http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/viewFile/52/45
Tidak ada komentar:
Posting Komentar