Decision
Support System
Decision support systems
atau Sistem
pendukung adalah
bagian dari sistem informasi berbasis
komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan))
yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi
atau perusahaan.
Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer
yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah
semi-terstruktur yang spesifik.
DSS
dapat digambarkan sebagai sistem yang
berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan,
berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada
saat-saat tidak biasa
Tujuan
dari DSS :
· Membantu
menyelesaikan masalah semi-terstruktur
· Mendukung
manajer dalam mengambil keputusan suatu masalah
· Meningkatkan
efektivitas bukan efisiensi pengambilan keputusan
Dalam
pemrosesannya, SPK dapat menggunakan bantuan dari sistem lain seperti
Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic, dll.
Contoh
Perusahaan yang Menggunakan Sistem DSS
PT.
Telkom adalah salah satu Perusahaan yang menggunakan Sistem DSS. Di dalam era
persaingan yang ketat, rencana dalam jangka menengah dan panjang tidak lagi
menarik karena tuntutan supply dan demand selalu bergeser dalam periode yang
cepat. Decision Support System (DSS) sebagai metode pengambilan keputusan yang
taktis untuk pengembangan fasilitas telekomunikasi diperlukan karena perubahan
kriteria dan asumsi pendukung yang juga berubah dengan sangat cepat. Di dalam
hal ini PT TELKOM membuat suatu aplikasi yang dapat dipergunakan untuk
mempermudah PT. Telkom
dalam pengambilan keputusan yang cepat dan
akurat yang diambil berdasarkan data dan fakta yang berada di lapangan.
Aplikasi yang menggunakan Telkom e-service akan membantu pengambilan keputusan
karena hasilnya yang bersifat matematis. Sebagai kesimpulan, aplikasi ini akan
dapat membantu evaluasi pemilihan pengembangan suatu jaringan akses yang tepat
yang akan dikembangkan PT. Telkom, karena Telkom e-service berfungsi juga agar
hubungan antara PT.Telkom dan customer terjalin. Dengan adanya Telkom e-service
PT.Telkom dapat mengetahui saran-saran yang diberikan oleh customer untuk
mengembangkan bisnisnya, apa saja yang harus dilakukan oleh system management
PT.Telkom itu sendiri.
Terutama
saran tentang Telkom Speedy apakah itu melalui saluran wireless (Flexi) ataukah
wireline (Direct Line Cable) . Dengan adanya DSS akhirnya PT.Telkom dapat cepat
menanggapi keluhan-keluhan pelanggan dan pengambilan perusahaan pun akan lebih
efektif dan efisien. Sehingga dengan menggunakan DSS memberikan keuntungan bagi
2 pihak, baik dari segi PT.Telkom maupun dari segi customer. DSS memberikan
keuntungan dari segi customer, karena dengan menggunakan DSS konsumen dapat
menyampaikan keluhan-keluhan kepada PT.Telkom secara langsung. Sedangkan dari
segi PT. Telkom DSS memberikan keuntungan yaitu, membuat konsumen lebih dengan
PT.Telkom (RCM). Dan saran-saran serta keluhan yang diberikan oleh
konsumendapat langsung ditanggapi secara tepat. Sehingga PT.Telkom dapat
mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada pada PT.Telkom. Visi To become a
leading Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services
(TIMES) Player in the Region Misi 1. To Provide TIME Services with Excellent
Quality & Competitive
Sumber
: https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar