Welcome To My New Blog'R

Minggu, 03 November 2019

2.3 Teknologi Drone Dalam Penerapan Inovasi Sistem Informasi


Teknologi saat ini telah mencapai level yang dikatakan maju dibandingkan tahun ke belakang. Dalam dunia fotografi apabila kita ingin memotret atau mengambil gambar dari ketinggian kita perlu memanjat pohon, naik ke atas gedung (rooftop) dan menyewa helikopter supaya dapat memotret atau mengambil gambar keindahan kota dan alam sehingga sangat tidak efisien.
Helicam atau drone adalah sebuah alat unik yang bisa memotret atau merekam gambar dari ketinggian maksimal 11.000 kaki, karena alat ini memang bisa terbang. Prinsip alat ini sederhana, dan bahkan bisa di bilang yang spesial hanya camera biasa yang di tempatkan di atas helicopter mainan atau drone, lalu kita mengendalikannya. Namun kamera yang di gunakan di helicam atau drone ini memang bukan kamera biasa, melainkan kamera Canon 7D DSLR, selain itu alat ini juga di lengkapidengan GPS ( Global Position System) yang memungkinkan kita utuk tetap dapat memonitor keberadaan alat ini saat terbang, dan dengan sistem monitor 5.8 GHz video memungkinkan anda untuk dapat melihat setiap momen yang tertangkap kamera alat ini.
Pesawat tanpa awak mampu melakukan misi pengintaian dan penyerangan, pesawat tanpa awak juga di gunakan Pemerintah seperti Pemadam Kebakaran, Irigasi, mengawasi pembangunan MRT dari ketinggian, Polisi yang memantau lalu lintas dari ketinggian. Pesawat tanpa awak juga di gunakan Swasta seperti media televisi yang menggunakan drone untuk merekam atau memotret gambar ke suatu tempat bencana alam yang terlalu bahaya



Inovasi Teknologi Drone

Pertama kali digunakan untuk menyerang kota venesia dengan balon tanpa awakyang di isi dengan bahan peledak

1.     Dalam militer
Drone sering digunakan untuk tindakan ofensif.
Yang pertama adalah pengawasan tempur, di mana seorang pilot manusia menggunakan kontrol radio untuk menerbangkan drone ke titik arah yang berbeda untuk memindai dan menandai posisi musuh.
Yang kedua adalah pengintaian taktis, di mana mini drone (tidak jauh lebih besar dari drone komersial yang kami tulis di sini dalam kebanyakan kasus) terbang dengan autopilot ke target yang telah dirancang untuk mengambil gambar sebelum kembali ke pangkalan.



1.     Industri pertanian
Drone pertanian / agriculture adalah kendaraan udara tanpa awak yang diterapkan pada pertanian untuk membantu meningkatkan produksi tanaman dan memantau pertumbuhan tanaman. Sensor dan kemampuan pencitraan digital dapat memberi petani gambar yang lebih kaya dari bidang mereka. Informasi ini mungkin terbukti bermanfaat dalam meningkatkan hasil panen dan efisiensi pertanian.
Drone pertanian memungkinkan petani melihat ladang mereka dari langit. Pandangan mata burung ini dapat mengungkapkan banyak masalah seperti masalah irigasi, variasi tanah, dan serangan hama dan jamur. Gambar multispektral menunjukkan tampilan inframerah-dekat serta tampilan spektrum visual. Kombinasi tersebut menunjukkan kepada petani perbedaan antara tanaman sehat dan tidak sehat, perbedaan yang tidak selalu terlihat jelas dengan mata telanjang. Dengan demikian, pandangan ini dapat membantu dalam menilai pertumbuhan dan produksi tanaman.
Selain itu, drone dapat mensurvei tanaman untuk petani secara berkala sesuai dengan keinginan mereka. Gambar mingguan, harian, atau bahkan setiap jam, dapat menunjukkan perubahan pada pangkasan dari waktu ke waktu, sehingga menunjukkan kemungkinan “titik-titik masalah”. Setelah mengidentifikasi titik-titik masalah ini, petani dapat berupaya meningkatkan pengelolaan dan produksi tanaman.

Teknologi Drone di Indonesia sudah sangat berkembang pesat saat ini, Karena sudah banyak sekali yang menggunakannya untuk keperluan apapun , tak terkecuali Banyak anggota militer dan pemerintah yang memanfaatkan alat canggih ini untuk menyelesaikan berbagai macam misi. Drone merupakan alat yang tepat sebagai ganti misi pesawat dengan awak yang sangat berisiko tinggi. Kita dapat gunakan drone sebagai alat fotografi jarak jauh, agar mendapat gambar yang maksimal
Teknologi drone juga di sangat bermanfaat dari segi Pengambilan gambar, Dulu ketika seorang fotografer ingin mengambil sebuah foto lanskap pemandangan dari ketinggian, ia harus mendaki bukit atau gunung terlebih dahulu. Teknologi kamera Drone memberikan perspektif berbeda dalam dunia fotografi. Seorang fotografer pun kini tak perlu lagi menghabiskan waktu mendaki puncak untuk mendapatkan foto dari ketinggian Singkatnya, drone mampu memberikan perspektif baru di dunia fotografi. Bahkan fungsinya bisa menggantikan dan melampaui peran kamera konvensional yang selama ini digunakan oleh banyak fotografer.
Teknologi drone semakin berkembang di Indonesia memang sudah terbukti , bisa dilihat dari manfaat untuk kegiatan sehari-hari masyarakat di Indonesia, Drone kini sudah menjelma sebagai alat yang bermanfaat untuk pemetaan wilayah, fotografi, pamadam kebakaran, pemeriksaan pemipaan, bahkan sampai digunakan untuk proses pembuatan film. oleh karena itu Artikel Teknologi drone semakin berkembang di Indonesia dibuat untuk meningkatkan teknologi di Indonesia guna mendukung Kagiatan Sehari-hari dengan Mudah, Karena Teknologi drone semakin menarik perhatian banyak kalangan ,tentunya membuka peluang bagi para ahli dalam teknologi robotika untuk mengkomersilkan keahliannya.


Referensi : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar