Welcome To My New Blog'R

Minggu, 27 Oktober 2019

2.1 Teknologi Robot Dalam Inovasi Sistem Informasi


Teknologi masa kini memang sudah semakin canggih. Para ilmuwan bahkan banyak menciptakan robot yang bisa menggantikan tugas manusia. Tentu ini menjadi kabar gembira sekaligus sedih, karena dengan adanya bantuan robot, tugas manusia bisa sedikit berkurang. Dengan adanya bantuan robot juga, tenaga kerja manusia juga semakin berkurang.
Istilah robot tentu saja bukan istilah yang asing dalam kehidupan. Robot merupakan produk teknologi modern yang bisa memberikan dampak positif dengan program khusus agar bisa bergerak atau bekerja sendiri dan juga bisa pula dengan penuh kendali dari manusia. Robot dalam berbagai film sedari dulu digambarkan mesin buatan masa depan yang terasa masih sangat jauh. Padahal, saat ini era robot yang sangat berguna dalam kehidupan manusia sudah dimulai. Berbagai macam robot telah memiliki fungsi yang sangat jelas dan bahkan sudah banyak aktivitas yang memang sangat memerlukan kehadiran robot. Tahukah Anda apa saja Fungsi Robot?
Robot dibuat atau diciptakan bukan untuk mengalahkan manusia. Robot hanyalah kesatuan alat mekanik yang memiliki fungsi atau tujuan khusus. Saat ini telah banyak sekali Fungsi Robot seiring semakin banyak pula produk robot yang bermunculan. Di beberapa negara, tenaga kerja manusia sudah tidak lagi digunakan untuk industri tertentu. Mereka menggunakan robot untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Jika Anda masih kurang paham apa saja fungsi dari robot di era masa kini, inilah dia 5 fungsinya yang sangat berguna dalam kehidupan manusia:

Fungsi robot dalam dunia industri
Dunia industri telah menggunakan robot sejak lama dalam berbagai proses terutama produksi. Ya, dengan bantuan robot memang akan bisa didapatkan produktivitas yang tinggi sehingga akan sangat menguntungkan. Penggunaan robot juga terasa efisien dan juga akan sangat mengurangi risiko terjadinya kesalahan manusia atau human error.

Untuk tugas berbahaya dan berisiko
Robot juga bisa digunakan sebagai alat pengganti manusia untuk tugas yang terlalu berbahaya dan berisiko. Adanya robot akan menggantikan manusia untuk masuk ke area yang terlalu berbahaya atau mengerjakan sesuatu yang terlalu membahayakan nyawa. Hal ini tentu saja akan membuat berbagai langkah uji coba dan penelitian akan menjadi lebih terbantu. Salah satu penerapan fungsi dari robot ini misalnya untuk mendeteksi limbah nuklir.

Pelayanan
Robot juga memiliki fungsi pelayanan jika bisa dibuat dan diprogram dengan tepat. Ya, penggunaan robot memang akan bisa membuat sebuah usaha atau perusahaan menjadi tidak perlu memperkerjakan banyak manusia atau bisa lebih efektif. Misalnya saja pada sebuah rumah sakit, robot bisa diatur untuk mengirim makanan ke kamar pasien. Selain itu, penerapan fungsi ini juga sudah dilakukan diberbagai restoran terutama di Jepang. Pelayanan yang dulunya hanya manusia kini telah banyak yang digantikan oleh robot sehingga produk teknologi ini benar-benar bermanfaat.

Asisten rumah tangga
 
Bisa juga robot memiliki fungsi sebagai asisten rumah tangga seiring dikembangkannya IoT atau Internet of Things. Hal ini akan membuat robot bisa menjaga kebersihan hingga menjaga keamaan rumah sehingga siapapun tidak butuh lagi asisten rumah tangga manusia.
Itulah tadi ulasan singkat mengenai 5 Fungsi Robot dalam kehidupan manusia. Semoga saja perkembangan robot memang terus dilakukan demi manfaatnya untuk kehidupan dan tidak berdampak buruk atau bahkan menggantikan seluruh aktivitas manusia.

Referensi :
https://teavuihuang.com/fungsi-robot-dalam-kehidupan-manusia.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar