Welcome To My New Blog'R

Minggu, 20 Oktober 2019

1.3 Sifat perubahan dalam inovasi sistem informasi

Berikut adalah sifat perubahan dalam Inovasi SI

Ø Penggantian
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang pertama adalah penggantian. Jadi penggantian yang dimaksud adalah adanya perubahan dari satu sisi ke sisi lainnya (bukan berarti upgrade).
Contoh : Inovasi dalam penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.

Ø Perubahan
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang kedua adalah Perubahan. Yang dimaksud dengan perubahan adalah mengganti suatu posisi dengan komposisi yang sama.
Contoh : Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan atau mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.

Ø Penambahan
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang ketiga adalah Penambahan. Berbeda dengan perubahan, penambahan disini adalah menambah komposisi tanpa merubah sistem yang ada.
Contoh : Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada

Ø Penyusunan kembali
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang keempat adalah Penyusunan kembali. Iyalah menyusun kembali struktur tersebut tanpa menambahkan atau mengurangi komposisi di dalamnya.
Contoh : Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.

Ø Penghapusan
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang kelima adalah Penghapusan. Berbeda dengan penyusunan kembali tadi, penghapusan adalah mengilangkan salah satu komponen dalam suatu komposisi.
Contoh : Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa berpakaian seragam

Ø  Penguatan
Sifat Perubahan SI yang keenam adalah Penguatan. Yang dimaksudn dengan penguatan disini adalah bagaimana suatu sistem yang ada diperkuat dengan komponen lainnya. 
Contoh : Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Referensi :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar