Kecerdasan buatan
“kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan
kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah-
cerdas.” A. Simon [1987]
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang
bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan
lebih baik oleh manusia.” Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu
komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk
simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode
heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan” Encyclopedia Britannica:
Bagian utama aplikasi kecerdasan buatan adalah
pengetahuan, yang diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman. Pengetahuan
terdiri dari fakta, pemikiran, teori, prosedur dan hubungannya satu sama lain.
Pengetahuan j uga merupakan informasi yang terorganisir dan teranalisa agar
dapat lebih mudah dimengerti dan dapat diterapkan pada pengambilan keputusan
dan pemecahan masalah. Kecerdasan adalah kegiatan belajar, berpikir
dan mengamati.
Contoh kecerdasan buatan (artificial
Intelligence)
Video game
Salah satu contoh AI yang kebanyakan orang
mungkin kenal, sejak pertama kali adanya video game yang pertama, AI telah
digunakan. Tetapi tingkat kompleksitas dan keefktivan AI tersebut telah
meningkat secara eksponensial selama beberapa dekade terakhir.
AI menghasilkan karakter permainan video yang
mempelajari perilaku Anda, merespons rangsangan dan bereaksi dengan cara yang
tidak dapat diprediksi.
Bumi Tengah 2014: Bayangan Mordor sangat penting
untuk kepribadian individu yang diberikan kepada setiap karakter non-pemain,
ingatan mereka tentang interaksi masa lalu, dan tujuan variabel mereka.
Penembak orang pertama seperti Far Cry dan Call
of Duty juga memanfaatkan AI secara signifikan, dengan musuh yang dapat
menganalisis lingkungan mereka untuk menemukan objek atau tindakan yang mungkin
bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka; mereka akan berlindung, menyelidiki
suara, menggunakan manuver mengapit, dan berkomunikasi dengan AI lain untuk
meningkatkan peluang kemenangan mereka. Sejauh yang dilakukan AI, video game
agak sederhana, tetapi karena pasar industri yang besar, banyak upaya dan uang
yang diinvestasikan setiap tahun untuk menyempurnakan jenis AI ini.
Mobil Pintar (mobil nyetir sendiri)
Anda mungkin belum pernah melihat seseorang
membaca koran saat mengemudi untuk bekerja, tetapi mobil self-driving semakin
mendekati kenyataan; Proyek mobil self-driving Google dan fitur “autopilot”
Tesla adalah dua contoh yang telah ada di berita akhir-akhir ini. Washington
Post melaporkan pada algoritma yang dikembangkan oleh Google yang berpotensi
membiarkan mobil self-driving belajar mengemudi dengan cara yang sama seperti
yang dilakukan manusia: melalui pengalaman.
AI yang dijelaskan dalam
artikel ini belajar bermain video game sederhana, dan Google akan menguji kecerdasan
yang sama dalam menggerakkan game sebelum pindah ke jalan.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar