Welcome To My New Blog'R

Minggu, 19 Oktober 2014

Sistem Informasi Management

1.      Uraikan secara singkat , dan jelaskan mengenai definisi informasi yang anda ketahui , kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennnya . sebut dan jelaskan hal tersebut , berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut ?
Jawab :
informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang atau singkatnya pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan

Contoh perusahaan  : Kebab turki baba rafi yang sekarang adalah sebuah jaringan waralaba kebab terbesar di dunia . perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 di Surabaya dan sekitar 2010 kantor pusatnya dipindahkan di Jakarta , kalo ga salah sih di Jl RS Fatmawati Raya . saat ini kebab turki baba rafi memiliki ribuan gerai di Indonesia dan Negara lainnya . karena memiliki banyak cabang / gerai yg tersebar pihak manajemen tidak dapat mengetahui keadaan bisnis dari seluruh cabang secara langsung dengan waktu yg singkat , oleh karena itu pihak manajemen menggunakan laporan sebagai informasi untuk mengetahui bisnis , keuangan dll perusahaan , dengan demikian informasi merupakan sumber yg sangat penting untuk pihak manajemen dalam suatu perusahaan .


2.      Sebutkan dan jelaskan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh manajemen ?
Jawab :
                                i.            Manusia
SDM ( Karyawan) , memiliki peran penting dalam proses pengolahan manajemen .

                              ii.            Material
SDA ( Bahan baku ) , merupakan sumber yg dikelola oleh seorang manajer untuk dijadikan barang modal , yg akan di proses system informasi manajemen (SIM)

                            iii.            Mesin
Adalah salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yg sudah di olah menjadi subuah alat  yg mendatangkan keuntungan

                            iv.            Uang
Modal , ini sangat penting untuk menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yg diterapkan

                              v.            Informasi ( termasuk data)
Data data yg perlu disimpan dan diolah karena itu sangat penting , pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan bagi si penggunanaya .



3.      Elemen lingkungan adalah organisasi atau individu yg berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung / tak langsung pada perusahaan , nah sebut dan jelaskan elemen elemen lingkungan manakah yg dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yg menggunakan transmisi elektronik !?
Jawab :
a)    Masyarakat keuangan  terdiri dari  lembaga-lembaaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. Contohnya meliputi bank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan-perusahaan investasi.
b)  Pemasok, disebut juga vendor, memasok bahan, mesin, layanan, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanannya.
c)      Pemilik saham atau investor adalah orang yang menginvestasikan uangnya pada perusahaan dan merepresentasikan tingkat manajemen tingkat tertinggi.

Referensi :
http://parda2011.blogspot.com/2011/10/sistem-informasi-manajemen-1.html?m=1

1 komentar: